CERPEN “Indahnya Persahabatan”


kata-kangen-buat-sahabat-karib-yang-telah-lama-berpisah

Nama saya Nur ahmadi farhan , saya bersekolah di Man 18 jakarta , bagi saya persahabatan itu indah ,karena sahabat bisa membuat saya tertawa ,nah saya mempunyai seorang sahabat disekolah saya namanya Al-kahfi akbar , kalo diliat dari namanya sahabat saya ini memang terdengar besar karena ada nama “Akbar” nya yang artinya besar tapi kalo diliat secara langsung sahabat saya ini tidak sebesar namanya , yang besar hanya bibirnya saja . awal saya bersahabat dengan dia ,pada saat saya satu kelas dengan dia di kelas X-3 .pada awalnya kita tidak saling kenal ,karena saya dan kahfi tidak berasal dari MTs yang sama , dan di kelas X-3 tersebut saya tidak hanya bersahabat dengan kahfi tetapi bersahabat dengan teman-teman yang lainnya , dan anak-anak laki dikelas kami menamakan diri dengan sebutan “ALI-FARHRIZIQ” , Nama itu adalah gabungan dari huruf yang diambil dari setiap nama anak laki X-3 yaitu Al-kahfi ,iip ,Farhan ,Rasyid ,Habibi ,Reza ,Ikbal ,Zee(sabiq) ,Isal ,Qu-qul . nah ini adalah kisah persahabatan Ali-farhriziq yang saya akan ceritakan .

Persahabatan kami penuh dengan canda tawa , hampir disetiap kesempatan pasti bercanda , sampai-sampai orang-orang pun kesal dengan becandaan kami , karena kami selalu bercanda dengan melakukan suatu kejailan , kami sering ditegor guru karena kejailan kami .pernah kami melakukan kejailan kepada kelas lain yaitu kelas X-2 yang bersebelahan dengan kelas kami di lantai 3 , ketika sedang jam pelajaran berlangsung kami sering membuka pintu kelas mereka lalu kami kabur ,dan itu sering sekali kami lakukan . sampai pada suatu hari teman saya yang bernama Reza ,dia iseng membuka pintu kelas X-2 tetapi dia tidak tau bahwa yang sedang mengajar di dalam kelas tersebut adalah pak Wardi , ketika dia membuka pintu kelas tersebut dan seperti biasanya dia langsung lari sehabis iseng membuka pintu , eh mungkin reza lagi sial, ketika dia lari dia malah dikejar pak wardi yang saat itu lagi mengajar di kelas X-2 , nah akhirnya reza ketahuan dan dia dipanggil oleh pak wardi saat jam istirahat . kami yang saat itu mengetahui reza dipanggil oleh pak wardi lalu kami Ali-farhriziq ikut menemani untuk membantu reza yang sedang di introgasi oleh pak wardi .
“kenapa kamu membuka pintu kelas lain yang sedang KBM (kelangsungan belajar mengajar )? ” ucap pak wardi.
Nah ini kebiasaan kami ketika ada teman kami yang sedang di introgasi oleh guru seperti ini , kami selalu membantu dengan mengeluarkan kalimat lelucon-lelucon atau bahasa tinggi yang tidak tau juntrungannya seperti ketika pak wardi bertanya seperti diatas,lalu salah satu dari kami menjawab .
“udah bapak tenang aja , masalah seperti ini tidak usah diambil pusing ,mungkin niat saudara reza membuka pintu kelas lain itu baik , kali aja dia berniat membuka pintu tersebut untuk membantu kelas lain agar kelas mereka tidak gelap dan agar udara segar masuk .” jawab kahfi dengan belaga sok orang-orang kantoran kalo lagi di interview .
“ Halahhh ngawur aja kamu” ujar pak wardi .
Lalu teman kami yang bernama ikbal ikut membantu dengan jawaban yang gaya ala ustad-ustad tapi ngga jelas gitu .
“ iya bapak seharusnya tidak boleh su’udzan dengan saudara reza ,mungkin memang benar yang dikatakan saudara kahfi ,bahwa di dalam hati reza terdapat sebuah niat baik yang ingin dia lakukan .” kata ikbal
“Oh jadi begitu ya ” ucap pak wardi dengan nada jengkel .
Nah ini yang terakhir yang ikut ngomong teman saya yang bernama azis , dia selalu ngga jelas kalo ngomong ,ngomongin apa nyambung nya kemana .
“ Udah bapak sebaiknya jangan mikirin yang macam-macam di era modern saat ini banyak terjadi seb …” sebelum azis menyelesaikan kata-katanya pak wardi langsung mengusir kami semua dari meja nya .
“ Haha udah mendingan kalian pergi istirahat sanah , pusing bapak mendengar mas asis .” ucap pak wardi .
Selepas kejadian tersebut ,kami masih tetap jail bukain pintu kelas sebelah , pernah sekali waktu karena kami sudah keseringan bukain pintu ,ketua kelas X-2 yaitu badawi datang menemui kami semua pada saat jam istirahat , kami kira dia ingin marah kepada kami ,tetapi bukannya marah dia malah membuat kami semua tertawa karena dengan ucapannya yang lembut dan santun kepada kami semua yaitu :
“ Assalamualaikum , maaf ya semua tolong jangan bukain pintu kelas X-2 pas KBM .” kata badawi
Kami yang mendengar perkataan badawi langsung ingin tertawa , karena ini lucu sekali menurut kami ,karena kami yang berbuat jail tetapi malah dia yang datang ke kami dan meminta maaf . dan walaupun sudah ditegur ketua kelas mereka tapi kami masih saja sering membuka pintu kelas mereka .
Kelakuan jail kami tidak hanya kepada kelas X-2 saja ,tetapi semua kelas X di situ pernah kami jailin kelas nya , mulai dari kelas X-1 yaitu pernah kami coret-coret papan tulis kelas nya setelah pulang sekolah dengan nama-nama kami semua , dan keesokan harinya kami mendengar ketua kelas X-1 si reyhan marah-marah .
“ siapa ni yang nyoret-nyoret kelas gua , liatin aja besok gua coret balik kelasnya pake pilok .” kata reyhan kepada temannya .
Dia datang ke kelas kami dan dia bertemu dengan kamal , sedangkan kami dengan yang lain sedang berada dibawah jajan .
“Mal katanya kelas lu kemaren nyoret-nyoret kelas gua ?? .” ucap reyhan
“ iya , trus katanya juga lu mao nyoret kelas gua balik make pilok ?? .” kata kamal membalikan ucapan si reyhan
“ ngga mal ,itumah tadi gua lagi kesel aja ngomong kaya gitu ,lagi gua ngga suka aja kelas gua digituin .” kata reyhan
“ ohh yaudah gua ama anak-anak kelas gua minta maaf udah nyoret-nyoret kelas lu .” ujar kamal
“ oke mal sip .” kata ketua kelas X-1
Setelah kami naik keatas selepas jajan ,kami diceritakan oleh kamal kejadian yang tadi terjadi . Dan ada lagi kejailan kami kepada kelas yang terakhir yaitu X-4 .kejadian nya begini , kalo ke kelas X-4 kami pernah ngerjain ketua kelas mereka yaitu alif , saat kami tidak guru kami keluar kedepan kelas duduk-duduk , nah kami berniat jailin kelas X-4 ,akhirnya si ikbal masuk ke kelas X-4 yang sedang ada gurunya .
Ikbal masuk ke kelas X-4 .
“assalamualaikum bu ,maaf ketua kelas X-4 dipanggil guru piket , terima kasih wassalamualaikum .”
Nah ketika ikbal sudah selesai ngasih tau lalu kami pura-pura tidak tau apa-apa , tidak berselang lama ketua kelas X-4 alif keluar dari kelas dan turun ke meja piket ,nah kami mengikuti dia ,setelah alif sampai meja piket kami melihati dia dari pintu dekat lorong yang berada dekat kantor guru ,kami melihat dia bertanya kepada guru piket .
“ assalamualaikum pak ,maaf pak katanya bapak manggil saya ?? .” ucap alif
“ waalaikumsalam , siapa yang manggil kamu ,bapak ngga manggil kamu ,malaikat kali yang manggil kamu .” ucap guru piket .
Kami yang mendengar percakapan tersebut kami tertawa-tertawa lalu kami langsung kabur ke kelas biar ngga ketahuan .
Tetapi dari semua kejailan yang kami lakukan ,kami mendapat balasan nya dari kelas-kelas yang lain , kami dimusuhin oleh semua kelas X . kalo ketika kami bertemu kelas X yang lain pasti pandangan mereka sinis terhadap kami , mereka bareng-bareng memusuhi kami .
Dan sampai pada akhirnya ada sebuah event yang direncanakan oleh guru seni budaya kami mengenai akan diadakannya Pameran satu angkatan yaitu semua kelas X . nah dari situlah kami akhirnya bisa berbaikan lagi dengan kelas-kelas X yang lain , diacara itu kita semua saling berkordinasi antar kelas X untuk mensukseskan Pameran tersebut , mau ngga mau kami semua harus bekerja sama dengan baik agar pameran tersebut berhasil . dan dari itu juga kami mulai bermain bersama dengan kelas-kelas yang lain dan kejailan-kejailan kami yang sudah lakukan terhadap mereka pun sudah dilupakan dan seperti tidak pernah terjadi apa-apa . dan berkat komunikasi dan kerja sama yang baik berhasil dengan baik acara pameran satu angkatan tersebut . dari situ saya percaya bahwa sebuah persahabatan memang begitu indah ,bagaimanapun kita terjadi konflik dengan sahabat pasti kita tetap akan membutuhkan sahabat .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: